Atur THR agar keuangan lebih tokcer

Sudah dapat THR? Ini memang musim panen bagi pekerja. Pasalnya momen ini jadi ajang dapat uang saku lebih dari perusahaan dalam bentuk THR. 

Namun karena sifat THR yang mirip-mirip “uang kaget”, tak heran banyak juga orang yang masih kagok dan kaget dalam mengelolanya. Padahal kalau diatur dengan benar, momen ini bisa jadi pintu masuk pengelolaan keuangan yang lebih baik.

1. Buat Catatan Keuangan

Hal pertama yang bisa Kita lakukan saat mengelola dana THR adalah membuat catatan keuangan sesuai dengan tujuan Kita. Pastikan untuk memisahkan uang THR Kita dari gaji bulanan Kita. Kemudian, tentukan tujuan penggunaan dana tersebut. Paling penting, sisihkan dana THR untuk dana darurat atau investasi. Sehingga Kita bisa merasakan manfaat dari dana tersebut di kemudian hari.

2. Sisihkan Uang Untuk Zakat Dan Sedekah

Tips mengelola THR selanjutnya adalah dengan menyisihkan uang THR untuk zakat dan sedekah. Saat Idul Fitri, umat Islam diwajibkan membayar zakat. Jadi Kita bisa menggunakan uang THR untuk membayar zakat fitrah. Selain zakat wajib, ada juga zakat harta atau mal dan sedekah lainnya yang bernilai ibadah. Kita juga bisa menggunakan uang THR untuk bersedekah atau membayar zakat mal.

3. Prioritaskan Kebutuhan

Saat Idul Fitri, biasanya kita menghadapi beberapa tradisi. Misalnya, belanja baju baru, hampers untuk kerabat atau teman, dan tradisi lainnya. Kebiasaan tersebut mungkin baik, tetapi kita juga harus bisa memahami kemampuan yang kita miliki.

Jika Kita tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan tradisi non-wajib tersebut saat berlebaran, sebaiknya prioritaskan kebutuhan Kita terlebih dahulu. Untuk memahami hal ini, Kita dapat membuat daftar kebutuhan prioritas Kita. Sehingga dana THR dapat dialokasikan dengan tepat.

4. Berinvestasi

Tip lain untuk menetapkan THR adalah dengan menyisihkan investasi. Dengan berinvestasi, kita bisa merasakan manfaat dari keuntungan ini di masa depan. Untuk produk investasi, penyesuaian dapat dilakukan berdasarkan profil risiko dan tujuan investasi Kita.

Salah satu yang bisa dipilih adalah dengan berinvestasi di saham. Namun tentunya Kita perlu memahami saham macam apa yang bisa dipilih untuk memberikan return investasi yang menguntungkan. Khusus untuk hal ini, anda bisa tutut bergabung bersama Rumah Saham Indonesia untuk mempelajari seluk beluk dunia bisnis saham.

5. Gunakan Untuk Dana Mudik

Tahun ini, pemerintah akan mengizinkan masyarakat yang ingin mudik. Kalau mau mudik juga, uang THR yang diterima bisa digunakan untuk dana mudik. Kebutuhan dalam perjalanan pulang antara lain: Biaya tiket transportasi bagi yang menggunakan kendaraan umum. Biaya bahan bakar bagi masyarakat yang menggunakan mobil pribadi untuk pulang. Biaya pemeriksaan antigen atau PCR. Souvenir untuk keluarga di rumah. Pengeluaran lain selama perjalanan.

6. Gunakan Untuk Melunasi Utang

Jika Kita memiliki utang, dana THR paling baik digunakan untuk melunasi atau melunasi utang. Dengan mengutamakan pelunasan utang atau cicilan, Kita bisa lebih tentram dan nyaman setelah Idul Fitri.

7. Belanja Untuk Upgrade Kemampuan Diri

Tidak ada salahnya berbelanja dengan uang THR sebagai self reward sekaligus digunakan untuk meningkatkan kemampuan diri. Mungkin bisa dibilang ini merupakan investasi terbaik yang bisa dilakukan ketika punya uang berlebih.

Kita bisa ikut kursus atau pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan dan kualitas diri. Pilihannya saat ini bisa banyak sesuai minat kita masing-masing. Salah satunya misalnya dengan bergabung bersama Rumah Saham Indonesia. Di sini kita akan belajar seluk beluk perdagangan saham. Nantinya ilmu ini akan berguna dalam keputusan investasi kita ke depannya. Jadi tertarik bergabung?

Bagikan artikel ini

Please Login to Comment.